Kimia kelas 10 | Konsep Metode Ilmiah: Pengertian dan Langkah-Langkahnya (27 Juli 2020)

Baca dan pelajari materi berikut!

Kimia kelas 10 | Konsep Metode Ilmiah: Pengertian dan Langkah-Langkahnya


 

Artikel ini Kimia kelas X akan menjelaskan kepada Anda tentang membahas metode ilmiah dan apa saja langkah-langkah metode ilmiah.

Saat ini kita ingin menemukan jawaban atas masalah, yang kita perlu adalah langkah-langkah dalam metode ilmiah. Maka dari itu, penting  banget nih  buat kamu setuju dan pahami tentang konsep ilmiah yang mengerti metode ilmiah terkait langkah-langkahnya. Ada yang penasaran? Langsung  ke  materi di Bawah!

konsep metode ilmiah

Tahu  nggak  sih , dalam  publikasi kimia  kita tidak hanya untuk menemukan zat-zat kimia baru yang dapat digunakan, dapat membantu memenuhi keingintahuan siapa saja untuk memecahkan fenomena alam dan kejadian keseharian yang dialaminya. Oke , di sini ada beberapa hal yang penting dan harus kamu pahami ya.

1. Pengertian Metode Ilmiah

Ilmu kimia menjawab banyak soal berlandaskan percobaan dan hukuman yang sehat. Eksperimen yang dilakukan harus sistematis dan logis. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode standar dalam pelaksanaannya, maka digunakanlah metode ilmiah. Metode ilmiah adalah metode sains yang menggunakan langkah-langkah ilmiah dan rasional  untuk mengungkapkan suatu masalah yang muncul dalam pemikiran kita.

2. Langkah-langkah Metode Ilmiah

Langkah awal suatu penelitian adalah melakukan perencanaan. Perencanaan ini sangat penting untuk keberhasilan suatu percobaan. Jika teman-teman gagal dalam perencanaan, berarti teman-teman setuju untuk gagal. Oleh karena itu, rancanglah rencana penelitian dengan runut dan mendetail. Langkah-langkah metode ilmiah yang harus dilakukan dalam penelitian ilmiah? Langkah-langkah metode ilmiah yang harus kamu lakukan.

  • Merumuskan Masalah

Penelitian dimulai dengan merumuskan masalah. Kamu industri industri tahu  nggak  APA yang dicabut DENGAN ‘masalah’? Dalam kajian ilmiah, masalah yang didefinisikan sebagai sesuatu yang harus disetujui untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan. Masalah dirumuskan dalam bentuk pertanyaan ilmiah yang terbuka  yang dapat diterima jawaban yang beragam. Pertanyaan tentang pertanyaan ini perlu diajukan.

  • Menemukan Hipotesis

Setelah berhasil merumuskan, teman-teman dapat meminta  jawaban sementara atas pertanyaan, yang mengajukan hipotesis lain . Hipotesis itu harus logis dan diajukan berdasarkan fakta  lho  ya.

  • Menetapkan Variabel Penelitian

Variabel percobaan merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil penelitian. Ada tiga jenis variabel, yaitu variabel bebas, variabel bebas / bebas dan variabel tetap.

konsep metode ilmiah

  • Menetapkan Prosedur Kerja

Prosedur kerja merupakan langkah-langkah kerja yang terperinci dan runtut. Urutan Langkah kerja ini dibuat dengan lengkap namun dapat dilakukan dengan tepat yang harus dilakukan. Data tersebut akan memudahkan pelaksanaannya, langkah kerja yang dibuat dalam bentuk diagram alir.

  • Mengumpulkan data

Setiap pertanyaan yang terjadi dalam uji coba harus dicatat saat itu juga. Dengan begitu, teman-teman dapat memperoleh data yang lebih akurat. Selanjutnya, Anda perlu mengorganisir untuk memfasilitasi dalam menganalisis dan mengumpulkan hasil percobaan. Oleh karena itu, teman-teman perlu mengumpulkan data sebelum melakukan percobaan.

  • Mengolah dan Menganalisis Data

Tabel dan grafik merupakan alat yang sangat berguna untuk menyusun dan menganalisis data. Tabel dan grafik ini menampilkan bagaimana variabel diatur berubah sebagai respons terhadap perubahan variabel bebas. Analisis data juga dapat dilakukan dengan menggunakan program komputer untuk pengolahan data.

  • Membuat kesimpulan

Hasil analisis data menghasilkan suatu pola atau cocok. Pola ini dapat dibuat dasar untuk menarik kesimpulan. Kesimpulan adalah kesimpulan yang telah dilakukan dalam kegiatan penelitian. Dalam menyusun kesimpulan, Anda harus memutuskan apakah data yang dikumpulkan mendukung hipotesis atau tidak. Selain itu, kalian juga harus mengulangi beberapa penelitian sebelum dapat menarik kesimpulan.

  • Mengkomunikasikan Hasil Penelitian

Mengapa harus mengkomunikasikan penelitian? Sosialisasi hasil penelitian penting dilakukan agar hasil penelitian teman-teman diketahui pihak lain. Bagaimana cara mengomunikasikan suatu hasil penelitian? Suatu hasil penelitian dapat dikomunikasikan melalui dua cara, yaitu tertulis dan lisan.

konsep metode ilmiah

Bagaimana? Sekarang kamu paham ‘ kan bagaimana  langkah-langkah dalam metode ilmiah. Selalu ingat ya, dalam metode ilmiah hasil dan tantangan harus berdasarkan fakta dan dapat dipertanggungjawabkan, jangan sampai asal-asalan ya.

YUK KITA LAKUKAN PENERAPAN METODE ILMIAH

Oleh: Trias Istina Rokhmah untuk peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 3 Batu

Peserta didik SMA Muhammadiyah 3 Batu, yuk kita coba coba perbaiki dengan melakukan percobaan.

KUALITATIF EKSPERIMEN

Lihat gambar berikut!

 

Apakah ini?

Ada campuran yang memiliki sifat padat.

Saat pertama kali melihat gambar itu, kamu tentu bertanya-tanya “apakah nama benda itu ?, bagaimana cara meminta?”. Nah, dengan pertanyaan tersebut, sebenarnya kamu telah melakukan metode awal dari penelitian ini yang kamu  buat buat “Rumusan masalah” . Karena pertanyaan itu, kalian akan melanjutkan ke langkah selanjutnya dengan membuat “hipotesis” yaitu dugaan sementara atau jawaban sementara dari pertanyaan itu.

Untuk langkah selanjutnya, maka:

  1. Carilah apa nama benda tersebut!
  2. Langkah Langkah pembuatannya!
  3. Buatlah benda tersebut di rumah kemudian fotokan hasil percobaan kamu!
  4. Menulis di buku menulis kamu langkah metode penelitian kamu lakukan dari percobaan kamu lakukan dengan format ini >>>> lembar kerja Metode Ilmiah Kualitatif

EKSPERIMEN KUANTITATIF

Pernahkan kamu membuat minuman teh manis? saat membuat minuman teh manis, sering kali kamu menambahkan gula ke dalam air panas lalu diaduk. Berkaitan dengan hal tersebut, apa yang Anda maksud dengan air panas dan pengadukan pada pembuatan minuman itu?

Pertanyaan “apa pengaruh air panas dan pengadukan pada pembuatan minuman itu?” dapat menjadi rumusan masalah pada penelitian kaliah …  Rumusan masalah seperti ini merupakan rumusan masalah untuk ekperimen kuantitatif. Ekperimen kuantitatif adalah penelitian yang meminta penetapan “Variabel penelitian”.

Sekarang mari kita lakukan percobaan. Kita ambil dua rumusan masalah:

  1. Bagaimana pengaruh suhu terhadap pelarutan gula?
  2. bagaimana pengaruh pengadukan terhadap pelarutan gula?

Dari pertanyaan itu buatlah hipotesis tau jawaban sementara atau dugaan kalian.

Langkah selanjutnya adalah menentukan variabel . untuk rumusan masalah yang pertama, kita akan mencari tahu masalah suhu terhadap pelarutan gula. pada pertanyaan tersebut bertukar variabel bebas, yaitu varabel yang diubah untuk diterjemahkan pengaruhnya. Sedangkan variabel yang diperlukan adalah waktu yang diperlukan agar dapat digunakan. Banyak yang ditambahkan dengan jumlah pengadukan tetap, sehingga harus sama dengan setiap percobaan.

Untuk rumusan masalah yang kedua tentukan variabel bebas, variabel bebas dan variabel tetapnya.

Prosedur untuk rumusan masalah yang pertama. kita perlu menyediakan beberapa gelas berisi udara dengan berbagai suhu: dingin, suhu kamar, hangat dan panas dengan jumlah volume yang sama. Kemudian masukkan gula dengan jumlah yang sama misal sama-sama 1 sendok. Setiap gelas diaduk dengan jumlah adukan yang sama. ukurlah berapa lama waktu yang diperlukan gula untuk larut.

Buatlah prosedur untuk rumusan masalah yang kedua!

tulislah data hasil percobaan pada tabel Pengumpulan data .

Analisis variabel pengaruh bebas terhadap variabel partisipasi. Bagaimanaakah pengaruhnya dan tuliskan pada bagian Mengolah dan analisis data.

lalu buatlah kesimpulan.

Tuliskan percobaan yang kamu lakukan pada buku dengan gaya bahasa kamu sendiri (tetap gunakan bahasa indonesia) format berikut >>>> lembar kerja Metode Ilmiah kuanitatif

Selamat mencoba. Semoga harimu menyenangkan dan penuh berkah. aamiiin.

 

Hasil pekerjaan difoto dan dikumpulkan ke tautan >>>> https://s.id/Trias_Istina_R